Selasa, 20 September 2011

Resume VI Pertemuan 2 - Komunikasi

Images
Gambar atau simbol adalah bahasa rupa yang bisa memiliki banyak makna. Suatu gambar bisa memiliki makna tertentu bagi sekelompok orang tertentu, namun bisa juga tidak berarti apa-apa bagi kelompok yang lain.
> Mencerminkan informasi
> Mudah Diingat
> Mudah Dipahami
> Menggambarkan Kejadian
>Menyampaikan tujuan
Contoh : Sampul majalah Tempo
POLRI menganggap sampul tersebut adalah sebuah hinaan, namun dari pihak Tempo menyangkal.

Words
>Words (Kata-kata) yang dimaksud meliputi bahasa, teks verbal atau wacana.
>Meskipun kata-kata dan gambar dibatasi oleh fungsi penggunan tanda, kata dan gambar sebenarnya memiliki relasi lintas media, dan ada banyak tumpang tindih dalam fungsi penggunaannya.
Contoh :
Radio, Film berdasarkan Novel.

Semiotik

Semiotik secara etimologi berasal dari kata Yunani semeion yang berarti “tanda”. Secara terminologi semiotik dapat didefinisikan sebagai ilmu tentang tanda-tanda.
Ilmu ini menganggap bahwa fenomena sosial/masyarakat dan kebudayaan itu merupakan bentuk dari tanda- tanda. Semiotik juga mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, konvensi-konvensi yang memungkinkan tanda-tanda tersebut memiliki arti.

Semiotik menurut Charles S. Pierce
Merujuk teori Pierce, tanda-tanda dalam gambar dapat dilihat dari jenis tanda yang digolongkan dalam semiotika. Pierce membagi tanda menjadi tipe-tipe : ikon, indeks dan simbol.
Pierce merasa bahwa ini merupakan model yang sangat bermanfaat dan fundamental mengenai sifat tanda. Tanda adalah sesuatu yang yang mewakili sesuatu.

Ikon

Ikon adalah hubungan antara tanda dan objek atau acuan yang bersifat kemiripan (menunjukkan suatu kemiripan), ini yang kerapkali jelas dalam tanda-tanda visual misalnya foto seseorang dapat dikatakan ikon; sebuah peta adalah ikon; gambar yang ditempel di pintu kamar kecil pria dan wanita adalah ikon. Pada dasarnya ikon merupakan suatu tanda yang bisa menggambarkan ciri utama sesuatu meskipun sesuatu sesuatu yang lazim disebut sebagai objek acuan tersebut tidak hadir. Ikon adalah suatu benda fisik (dua atau tiga dimensi) yang menyerupai apa yang dipresentasikannya.

Indeks

> Indeks adalah tanda yang memiliki hubungan sebab-akibat dengan apa yang diwakilinya. Atau disebut tanda sebagai suatu bukti. Contohnya: asap dan api, asap akan menunjukkan adanya api disekitarnya.
> Jejak telapak kaki di tanah merupakan tanda indeks orang yang melewati tempat itu.> Tanda tangan (signature) adalah indeks dari keberadaan seseorang yang menoreh tanda tangan tersebut.

Simbol

Simbol merupakan tanda berdasarkan konvensi, peraturan atau perjanjian yang disepakati bersama.
> Simbol baru dapat dipahami jika seseorang sudah mengerti arti yang telah disepakati bersama. Simbol baru dapat dipahami jika seseorang sudah mengerti arti yang telah disepakati sebelumnya.
> Contohnya: Garuda Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah burung yang memiliki perlambang yang kaya makna.


Link to :
STIKOM
Pak Teguh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar